BloggerDay 2024, Semangat Sharing Ilmu Blogging Setiap Waktu

Posting Komentar
BloggerDay 2024
Kalau dipikir-pikir, hmmm berapa lama ya saya ngeblog. Lama sih ya jaman kuliah masih ada blog friendster trus akhirnya buat blogspot di www.echaimutenan.com. Yah memang suka duka jadi blogger, dari tahun ke tahun dan apalagi sekarang ‘saingan’ blogging sudah tambah banyak.

Sudahlah memang ini kenyataannya, di satu pihak senang banyak teman blogger tapi di sisi lain ya sedih saingan kerjaan blog tambah banyak wkwkwk. Duh aku jujur banget ya. Tenang teman-teman itu sangat manusiawi kok. Sebagai blogger yang udah hampir 20 tahun ngeblog ya wajar perasaan itu ada. Tapi senang kok saya juga terpacu banget buat tetap ngeblog dengan menambah ‘value’.

Dulu saat ditanya ngeblog ngapain? Saya pasti bilang ya buat dapur ngebul atau nambah-nambah buat sekolah anak. Iya dulu, saat blog dan menulis bukan jadi sumber mata pencaharian utama. Kerjaan Papih di kantor dah sangat cukup buat biayain keluarga kecil kami. Tapi itu dulu………

Waktu berganti tanpa tahu masa depan yang pasti banyak mengubah hidup memang. Suami yang ikutan pensiun dini karena menjaga aku yang sakit-sakitan bikin semua berubah. Kaget jelas! Dulu kalau gak dibayar sebulan, tiga bulan sampe 6 bulan aja diem aja aku ga pernah nanya. Sekarang? Seminggu belum dibayar aja dah kutanya kapan payment wkwkwk. Wajar, karena penghasilan blogger tidak pasti.

Makanya saya pun merambah ke content writer. Jadi paling tidak aku ada pendapatan bulanan tetap, itupun kalau langgeng kerjaannya. Yah suka duka freelance kan?. Tapi seru juga sih dan karena ini yang bisa saya jalankan saat ini ya hepi-hepi saja. Lah buktinya saya masih ngeblog wkwk.

Berusaha Tetap Sharing Ilmu Meski Mefet


Kata orang, pintar itu wajib masalah rejeki memang Tuhan yang atur. Mungkin kata-kata ini berlaku untuk saya :”). Tapi doa saya semoga anak-anak 3R semua pintar dengan rejeki lancar dan bagus masa depan cerah. Aamiin.

Makanya saya seringggggg banget sharing materi yang sudah didapatkan kepada orang lain. Karena apa ya, tidak seru kalau ilmu itu dikeep sendiri. SEO itu bisa dipelajari otodidak kok. Tidak semua yang pinter SEO bikin kursus berhasil di website lain, begitu juga sebaliknya. Meski tahu ilmunya kalau tidak sering coba-coba ya susah kan.

Tapi ga ada salahnya toh sharing ilmu ya nggak. Kata Allah, sampaikan ilmu walau satu ayat. Jadi apapun ilmu yang kita punya, sharinglah ke orang lain. Insyaallah berkah dunia akhirat. Saya memang tidak buka kursus dll, meski sering ngajari orang lain nulis. Karena memang tidak ada waktu untuk ke sana. Ngurus anak-anak yang lagi lucu-lucunya gini aja dah repot, masih kudu nulis, ketambahan sakit ya lebih pusing lagi kalau harus ditambah ngajari intens meski dibayar. Waktu, andai bisa membelah diri.

Iya, terkadang kita merasa pintar sendiri tapi tidak suka berbagi atau berbagi dengan MELECEHKAN orang lain yang tidak mengerti. Ini salah ya. Salah banget. Jangan sampai pokoknya. Makanya saya untuk interaksi sama orang lain itu berusaha membatasi, bahkan untuk gabung di sebuah grup blogger saja saya milih-milih. Ya karena berusaha tidak terlalu banyak interaksi sama orang lain. Paling teman-teman blogger ya gitu aja sekedar tahu, lagian blogger itu kecil kok ruang lingkupnya.

BloggerDay 2024untuk Ulang Tahun Komunitas Bloggercrony Indonesia


Dan salah satu grup Komunitas Blogger Indonesia yang saya ikutan didalamnya adalah Bloggercrony Community. Meski saya tidak datang, tapi foto-foto dan keseruan selama di acara rasanya bikin saya ikut masuk ke acara tersebut.

Kebetulan, BloggerDay ini didukung Carro Indonesia serta co-partners Genie Indonesia, Asuransi MSIG Indonesia, Igloo Insurance, Mega Central Finance/MCF-MAF dan Bluebird Group, Alfa Kreasi Decoration, Ngafe.in Teras juga produk lokal BloggerPreneur Ummi Doodle, Kamiya Project, Nyi Pede Souvenir, Ayee Deo dan UMKM Malang Demadols, Venzfood, Aira Cake & Cookies.dan Kayis Craft. Wow banyak banget ya!.

Dukungan Carro Indonesia ini sangat besar buat BloggerDay. Makanya buat kalian yang ingin tahu apa itu Carro, cusslah kunjungi Carro.id sekarang dan temukan mobil bagus layaknya baru. Di sini bukan hanya beli mobil saja, tapi juga bisa jual mobil loh!. So, hayuk jual mobil di Carro dengan 3 langkah simpel. Isi formulir di website, booking inspeksi gratis dan dapatkan pembayaran secara instan. Kunjungi https://carro.id/jual-mobil untuk jual mobilmu sekarang!. Simpel loh beli atau jual mobil jadi mudah.

Bukan hanya itu, juga ada Bluebird dan Bigbird yang menyediakan transportasi buat para blogger. Tidak tanggung-tanggung, ada kendaraan khusus buat blogger di Jawa Timur dan Jawa Tengah agar bisa ikutan datang di acara BloggerDay 2024. Seru banget ya!.


Jadi blogger bukan hanya menulis saja, tapi juga wajib multitalenta. Termasuk melakukan relasi yang baik dengan blogger lainnya. Yes, kita itu kerjaannya sama mau blogger lama atau blogger baru. Jadi hayuk mari menjadi keluarga bersama. Salah satunya adalah bergabung di Blogger Crony yang akan membuat rasa kebersamaan lebih tinggi sebagai sesama blogger.

Bahkan hasil dari donasi BloggerDay 2024 diberikan kepada blogger yang baru saja kehilangan suaminya. MasyaAllah. Segitu kuatnya kan keluarga blogger, jadi hayuk dikuatkan dan saling menguatkan. Termasuk berbagi ilmu juga.

Akhirul kalam, selamat ulang tahun Komunitas Bloggercrony Indonesia. Wish you all the best!. Mari terus bergandengan tangan bersama untuk meningkatkan kompetensi blogger multitalenta di Indonesia.

Jadi blogger, jangan lupakan "Blogging, Networking dan Empowering" Bloggercrony Community ya!.

Related Posts

Posting Komentar