Wajib Punya! Ini 8 Perlengkapan Lomba Mewarnai untuk Anak TK dan SD

1 komentar
Perlengkapan Lomba Mewarnai untuk Anak TK dan SD

Raffa kebetulan memang suka mewarnai. Karena tahu dia menyukai kegiatan ini, jadi saya sebagai Ibu berusaha eksplorasi hal yang dia suka. Mulai dari membeli beberapa perlengkapan lomba mewarnai untuk anak dll. Yah namanya juga hobi kan? Kalau hobi mau tidak mau harus diasah. Harus ditelateni, apalagi anak suka. Kan anak-anak moodnya berubah terus, jadi memang pinter-pinternya orang tua menyemangati.

Ya namanya juga usaha. Karena saya menyukai anak saya yang suka dengan hobinya. Kayak Raffi dengan karate dan Raffa dengan gambarnya. Yang keduanya kalau saling mencoba selalu bertabrakan. Raffa ikut karate masyaAllah...setahun sabuk putih terus. Sedangkan Raffi sekarang SD kalau disuruh gambar...masyaAllah luar biasa gambarnya kayak anak PAUD..... Eh serius ga boong.


hasil lomba mewarnai

Tapi ya namanya juga ga hobi, masak mau dipaksa. Jadinya ya mau tidak mau harus benar-benar mengarahkan dengan baik. Eh iya, di postingan ini saya mau cerita tentang macam-macam perlengkapan mewarnai untuk lomba anak TK dan SD.

Karena dulu saya juga mengikuti lomba mewarnai dan gambar sejak TK sampai SMA. Paling tidak saya sudah tahu trik-triknya tinggal diterapkan ke anak. Cuma ya gitu, anak belum tentu sesuai yang kita mau kan? Makanya kudu telaten, pelan-pelan dan jaga moodnya dengan baik hehehe. Sekarang, alat gambar bermacam-macam plus bagus-bagus loh! Perkembangan jaman memang luar biasa.

Baiklah, saya share ya satu-satu apa saja sih perlengkapan lomba mewarnai untuk anak.

8 Perlengkapan Lomba Mewarnai Untuk Anak TK dan SD

Perlengkapan Lomba Mewarnai untuk Anak TK dan SD

1. Krayon Khusus Lomba

Saya membedakan krayon buat latihan dan krayon untuk lomba. Kalau untuk latihan ketika akan lomba, baru pakai krayon khusus lomba. Untuk latihan saya pakai krayon biasa seperti Joyko, Greebel atau Pentel (Merek yang dari dulu saya pakai). Tapi ketika akan lomba atau saat lomba, Raffa pakai krayon Grasp dan Greebel Premium. 

Baca Juga : Jurusan Anak 

Hasil warnanya bagaimana? Jelas beda banget! Bagusan krayon khusus lomba. Malah ada juga yang pakai krayon Carandache yang masyaAllah mahalnya. Tapi buat antar TK dan SD, bisa pakai Grasp dan Greebel saja sudah cakep kok. Grasp ini bentuknya pulpen ada ukuran kecil, medium dan besar yang bisa disesuaikan dengan keperluan luas gambar. Warnanya jangan ditanya neon banget. Dan kemungkinan besar menang tinggi kalau pakai ini hehehehe.

2. Spidol Warna

Saya sediakan spidol snowman biasa buat bagian yang kecil banget yang tidak bisa pakai krayon. Merek apa saja bisa seh kalau ini. Yang penting spidolnya tidak dibuat untuk mengarsir bagian yang luas, hanya bagian kecil saja.

3. Pensil biasa 2B dan Penghapus

Buat anak yang lomba, biasanya kadang memberikan beberapa ornamen gitu atau objek biar tambah kece gambar mewarnainya. Nah pakai ini bikin lebis mudah kan? Karena gampang dihapus

4. Spidol Grasp dan Pensil 8 B

Rahasia ketebalan garis ada di dua alat ini. Bisa pakai pensil 8 B yang tebal dan bear sehingga warna hitamnya kelihatan banget. Dan bisa juga pakai spidol grasp untuk menebalkan yang pasti bagus dan hitam. Enaknya spidol ini nutupin bagian krayon apapun. Menang pokoknya, coba kalau pakai spidol lain pasti tidak bisa menutup krayon plus susah. Wes pakai ini enak!

5. Meja Lipat Duduk

Ini penting biar anak enak saat mewarnai duduk di bawah. Cari meja lipat yang tidak goyang-goyang biar warnainnya lancar juga!

6. Lap dan Tisu

Menjaga kebersihan kertas itu penting, termasuk kebersihan alat-alat termasuk krayon. Saya selalu menyiapkan tisu kering, tisu basah dan lap handuk. Lap handuk saya pakai untuk menutupi tangan bagian kanan. Tisu kering untuk membersihkan ujung krayon yang kotor dan menutup bagian yang suda diwarnai juga bisa. Sedangkan tisu basah dipakai untuk membersihkan tangan termasuk bagian kanan di bagian kelingking kanan agar tetap bersih.

7. Kemoceng Krayon

Ini kadang dipakai kadang tidak. Kalau untuk latihan selalu dipakai, karena modelan Joyko, Greebel biasa dan pentel ini banyak banget kotoran krayonnya. Tapi kalau pakai yang premium, kotoran krayon kan sedikit malah yang penting bersihkan ujungnya krayon rutin agar tidak banyak kotoran. 

8. Arsiran Krayon dan Penghapus Krayon

Kalau mau bikin garis-garis krayon bisa pakai alat ini. Seringnya dipakai untuk menghilangkan bekas krayon yang keluar garis seh. Terus kalau penghapus krayon bisa iya bisa tidak kadang-kadang, karena tidak semua bisa dihapus dengan penghapus krayon hehehe. Makanya belajar tidak keluar  garis itu memang sesuatu.

Raffa lagi lomba mewarnai

Gampang kan? Sekarang sudah tahu apa saja yang harus dibawa kalau anak mau lomba mewarnai. Semoga bermanfaat sharing perlengkapan lomba mewarnai untuk anak TK dan SD ini ya! Selamat mencoba!

Related Posts

1 komentar

  1. Spidol grasp dan arsiran krayon kayak gimana itu 😁

    Bener banget sih, krayon mahal and berkualitas (catet!) itu sangat berbeda resultnya. Aku jg gitu di rumah. Buat gambar2 biasa pakai yang murmer kayak grebel gitu. Tapi kalo serius aku belikan pentel juga. Narend juga kayaknya udah ada ketertarikan gambar² ini di rumah hampir setiap hari gambar and mewarnai, cuma dia masih pakai spidol. Pelan2 kuarahkan supaya gambarnya bagus.

    Tapi aku gak sampai ada kemoceng krayon sih ahahaa..

    Thanks sharingnya Echa ☺️
    Jadi ada gambaran.

    BalasHapus

Posting Komentar