7 Cara Menjaga Mata Blogger Tetap Sehat di Era Digital

Posting Komentar
Cara Menjaga Mata Blogger Tetap Sehat di Era Digital

Menjadi seorang blogger memang terkadang melelahkan ya? Begadang, kurang tidur, tangan kram, kepala sering pusing sampai gejala mata kering seperti mata pegel, mata sepet dan mata kering bisa saja terjadi. Meski banyak kesempatan yang bisa didapat dari ngeblog, tapi tidak ada salahnya juga kalau blogger tetap menjaga kesehatan kan?.

Memang sih menekuni pekerjaan ini setelah sekian lama membuat saya sedikit mengerti pentingnya menjaga kesehatan. Apalagi kan kebetulan lagi sakit kan? Jadi sangat mengerti kalau kesehatan itu penting. Mahal banget harganya!.

Terutama bagian mata, kan memang aset kita sebagai blogger jangan sampai tidak dijaga huhu. Karena jujur dunia digital kan menatap layar terusan kan. Ini merupakan bahaya mata kering, mulai dari mata pegal, pusing dan penglihatan mata buram huhuhu. Kalau dibiarkan bahaya banget kan?.

Cara Menjaga Mata Blogger Tetap Sehat di Era Digital

Penyebab mata kering sebenarnya banyak, apalagi blogger butuh waktu yang cukup lama di depan komputer. Makanya ini tips saya agar blogger tetap bisa menjaga mata tetap sehat meski setiap waktu berada di depan layar digital. Cek di sini ya!.

Tips Mata Blogger Tetap Sehat di Dunia Digital

1. Istirahatkan Mata secara Berkala

Kalau misalnya harus bekerja seharian, bukan hanya tubuh saja yang harus istirahat tapi juga mata. Tidak ada salahnya mata juga istirahat setiap 20 menit sekali selama 20 detik.

Saya biasanya memejamkan mata dan setelah itu melihat objek yang jauh agar otot mata rileks. Dengan mengubah fokus pandangan ini akan membuat ketegangan mata jadi berkurang.

Terus jangan lupa untuk blinking atau berkedip secara teratur ya di depan layar. Soalnya ini adalah refleks alami mata agar tetap menjaga terus lembab.

2. Atur Pencahayaan Selama Bekerja dengan Baik

Jangan lupa ruangan tempat kerja melihat komputer harus tetap punya pencahayaan yang cukup. Jangan terlalu panas, jangan terlalu silau berlebih atau jangan terlalu gelap. Pastikan juga kelembaban udara di ruangan cukup, jadi akan membuat kita lebih nyaman saat bekerja.

Selain ruangan, mengatur kecerahan dan kontras layar komputer agar sesuai dengan kondisi pencahayaan di sekitar juga sangat diperlukan. Bila hari sudah mulai gelap, tidak ada salahnya mengurangi cahaya komputer agar mata tetap nyaman.

3. Perhatikan Posisi Monitor dI Meja dan Kursi

Posisi duduk saat bekerja juga menentukan. Saya biasanya meletakkan monitor pada tingkat sejajar mata atau sedikit di bawahnya untuk mengurangi tekanan pada mata. Selain itu usahakan menjaga jarak antara mata dan monitor dengan ideal, yaitu sekitar 50-70 cm.

Posisi duduk mengetik enak dan posisi mata juga nyaman kan. Kerja jadi blogger pun senang meski menunggu payment sampai berlinang #eaaaaa.

4. Gunakan Teknologi Anti-Cahaya Biru

Masih ingat tidak jaman masih layar televisi hitam putih? Terus ditambah dengan lapisan biru, pasti mata lebih nyaman saat nonton kan?. Tapi berbeda kalau di layar komputer ternyata. Paparan cahaya biru dari layar komputer dapat mengganggu pola tidur dan kesehatan mata kita loh!.

Tidak ada salahnya mulai menggunakan lapisan pada layar yang anti-cahaya biru untuk melindungi mata. Bisa juga memakai kacamata anti silau, agar mata tidak terlalu silau dan lelah karena pantulan cahaya layar digital. Sekarang sudah banyak dijual bebas sih ya, tapi pastikan barangnya yang original agar tidak malah melukai mata.

5. Olahraga Mata Rutin

Ini bisa saya lakukan saat istirahat dan cukup sederhana kok olahraganya. Saat memejamkan mata, saya akan menggerakkan mata ke atas dan ke bawah atau mengitari mata secara perlahan untuk mengurangi kekakuan otot mata.

Cobain deh sehari lakukan minimal tiga kali saat mengistirahatkan mata. Saat membuka mata bakal lebih terang benderang dan kinclong ketika mulai bekerja kembali. Serius!.

6. Rutin Periksa ke Dokter Mata

Selain buat cek minus atau plus mata, saya juga melakukan pemeriksaan mata secara berkala. Jadi misalnya mulai buram saat melihat atau tidak nyaman, bakal langsung ketahuan dan diberikan obatnya.

Tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter mata tentang penggunaan kacamata atau lensa kontak jika diperlukan. Namun pastikan kacamatanya yang punya anti cahaya biru ya biar tetap nyaman saat memakainya.

Kalau mata nyaman kan jadi enak juga saat menulis atau membuat konten lainnya. Betul tidak?.

7. Jaga Kelembapan Mata dengan Insto Dry Eyes

Untuk menjaga kelembaban mata, saya menggunakan obat tetes mata Insto Dry Eyes. Karena kalau dibantu berkedip pun pasti masih kurang, masih berasa gitu mata kering banget.

Makanya saya pakai Insto Dry Eyes yang mengandung hydroxypropyl methylcellulose 3,0 mg dan benzalkonium chloride 0,1 mg. Rasa tidak nyaman karena mata kering akan lebih mudah teratasi kalau menggunakan Insto Dry Eyes.

Insto Dry Eyes atasi mata kering blogger

Harganya juga terjangkau kok, saya cuma beli Rp 15ribu di minimarket dekat rumah. #InstoDryEyes memang #SolusiMataKering buat para blogger yang bekerja di dunia digital saat ini.

Yuk jaga kesehatan mata kita, karena sangat penting untuk produktivitas dan kesejahteraan sebagai seorang blogger. Coba deh tips di atas untuk menjaga kesehatan mata dan mengurangi risiko gangguan penglihatan yang disebabkan oleh pekerjaan di depan komputer dalam jangka panjang.

Jadi say good bye pada mata kering ya, kan sudah ada Insto Dry Eyes!. Insto Dry Eyes sebagai solusi mata kering.

Related Posts

Posting Komentar