Mencoba Navya Arma, Autonomous Vehicle Sinar Mas Land di BSD Green Office Park

Posting Komentar
Mencoba Navya Arma, Autonomous Vehicle Sinar Mas Land di BSD City

Saat ini memang kebutuhan akan kendaraan listrik mulai banyak, karena selain ramah lingkungan juga lebih gesit. Dalam pengembangannya, sekarang muncul Autonomous Vehicle (AV) yang lebih canggih.

Buat yang belum tahu, autonomous vehicle atau kendaraan otonom adalah kendaraan listrik yang bergerak dengan dijalankan tanpa pengemudi berkat kecanggihan sensor dan teknologi AI (Artificiall intelegent).

Pengen nyobain juga kan? Pastilah, saya juga ingin mecoba. Jadi pengalaman baru banget. Soalnya autonomous vehicle ini kan mobil listrik tapi dah canggih. Naik mobil listrik saja sudah halus suara mesinnya dan nyaman gitu tarikannya, kalau naik AV pasti merasakan hal sama namun tanpa awak pengemudi. Jadi membayangkan anak-anak saat masuk ke dalam mobil AV, pasti heboh banget!

Di mana ya ada autonomous vehicle?

Sinar Mas Land Hadirkan Bus Otomatis pertama di Indonesia Ada di The Breeze, BSD City

Nah kalau mau coba autonomous vehicle di Indonesia ternyata ada di kawasan BSD Green Office Park (GOP). Ini adalah salah satu komitmen dari Sinar Mas Land untuk terus berkontribusi dalam pembangunan yang berkelanjutan.

First Autonomous Vehicle at Green Office Park, BSD City

Tidak heran sih ya, kota pintar BSD City kan memang dikembangkan sebagai kota energi hijau yang ramah lingkungan. Salah satu inovasinya adalah “First Autonomous Vehicle at Green Office Park, BSD City”.

Di Indonesia memang ini adalah autonomous electric vehicles (AV) pertama loh! Hadirnya AV merupakan inisiatif Sinar Mas Land dan Mitsubishi Corporation dalam mendukung pemerintah untuk melakukan transisi energi menuju energi baru terbarukan (EBT).

autonomous vehicle sinar mas land di G20, Bali 2022

Saat peresmian uji coba AV pada bulan Mei 2022, Bapak Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mendukung Sinar Mas untuk selalu mewujudkan transportasi masa depan bagi pembangunan kota pintar yang sustainable di Indonesia.

Dan sebagai AV pertama di Indonesia, autonomous vehicle Sinar Mas Land inipun baru saja mengikuti acara Electric Vehicle Exhibition di Nusa Dua Bali. Acara ini merupakan official side event dari G20 oleh Kementrian Perhubungan pada tanggal 11 - 16 Nov 2022.

autonomous vehicle di G20, Bali 2022 (1)
“Perkembangan ekosistem kendaraan listrik tanpa awak ini memperkuat semangat untuk mewujudkan komitmen Sinar Mas Land dalam menjawab solusi akan kendaraan yang rendah emisi karbon serta mendorong kehidupan yang berkelanjutan. Kecanggihan fitur yang dimiliki AV ini juga merefleksikan gaya hidup yang akan kami hadirkan di BSD City dalam transformasi kota mandiri sebagai smart integrated digital city, khususnya di ekosistem Digital Hub yang sarat dengan kegiatan teknologi digital.”
Irawan Harahap
Chief Digital Tech Ecosystem & Development Sinar Mas Land
Sebenarnya autonomous vehicle Sinar Mas Land sudah melakukan uji coba tahap pertama di QBig BSD City pada bulan Mei hingga Juli lalu. Dan sambutan masyarakat sangat baik.

Uji coba kedua akhirnya dilakukan di kawasan BSD Green Office Park (GOP) pada 27 Agustus 2022 hingga 5 Januari 2023.

Langsung Cobain Navya Arma Autonom® Shuttle di Kawasan BSD Green Office Park Saja!

Pengen nyobain AV ini? Sama, saya juga! Makanya langsung saja datang ke Green Office Park, BSD City.

Bus Otomatis pertama di Indonesia Ada di The Breeze, BSD City

Autonomous vehicle Sinar Mas Land namanya Navya Arma atau Navya Autonom® Shuttle. Dengan penggerak listrik dan battery pack berkapasitas 33 kWh, AV ini dapat bertahan selama 9 jam. Memiliki dimensi 4,7 m x 2,1 m berkapasitas 15 penumpang, Nayva Arma ini dilengkapi dengan banyak sensor canggih.

Mulai pemanfaatan GNSS (Global Navigation Satellite Systems), sensor GPS dan sensor LIDAR (Light Radar) dengan kamera resolusi tinggi untuk big data analysis, lalu diproses komputer spesifikasi tinggi pada mobil.

Jadi bus listrik tanpa awak ini punya kemampuan akselerasi, navigasi sampai bisa mendeteksi kondisi lingkungan di sekitarnya. Canggih kan!

cara naik av di the breeze green office park bsd citty

Buat yang mau naik AV ini gampang kok! Jadi Navya Autonom® Shuttle ini akan beroperasi setiap hari Selasa sampai Minggu pukul 10.00 hingga 17.00 WIB di Green Office Park, BSD City. Gratis loh!

Nanti naiknya dari lobi utama The Breeze lalu jangan lupa untuk download aplikasi OneSmile. Tinggal daftar dan isi survei pendapat sebelum serta sesudah menikmati AV. Gampang banget kan!

Buat yang mau mengajak anak bisa kok, tapi minimal 120 cm dan harus didampingi orang tua ya. Tidak boleh sendirian naiknya. Berarti sekitar anak TK besar dan kelas 1 SD bisa naik!.

Mumpung lagi liburan sekolah, hayuk jalan-jalan naik autonomous vehicle pertama di Indonesia. Kapan lagi, cuma sampai 5 Januari 2023 saja! Yuk yuk!

Related Posts

Posting Komentar