Puasa Saat Pandemi Yang Tiada Beda

Puasa Saat Pandemi

Tidak terasa ya, sudah 3 kali kita menjalani puasa selama pandemi. Iya sampai anak saya juga udah mau 3 tahun hehehe. Soanlnya saya ingat ada Rafif baru 6 bulan tiba-tiba ada pandemi. Cuma ya Ramadan memang cuma datang setahun sekali sayang kan kalau dilewatkan begitu saja.

Cuma kalau boleh bilang, saat pandemi ya tetap menjalankan amalan di bulan Ramadan agar mendapat pahala. Seperti puasa dan tarawih, kalau amalan lain kan seperti biasa kita sehari-hari sebagai muslim. Iya nggak?

Di keluarga saya begitupun, rasanya ya sama saja yang dilakukan ketika Ramadan sebelum pandemi dan setelah pandemi. Yang berbeda palingan tidak ada salat tarawih bareng, tidak ada tadarus bersama bareng dan tidak ada kumpul majlis di masjind. Masjid terlihat lenggang karena tidak bleh ada kerumunan. Paling buka bersama dan salat maghrib bersama, itupun terbatas tidak banyak yang mau ikutan ke masjid. Ya kan takut, kalau di masjid nanti bisa-bisa ketularan kan gak lucu banget mau ibadah malah covid.

Begitupun itikaf di hari terakhir Ramadan, biasanya dulu saya selalu ngajak anak-anak sampai subuh selesai di masjid. Pas pandemi sama sekali tidak. Tapi ya tidak apa-apa, soalnya kalau dipikir-pikir anaknya sekarang tambah banyak pasti susah jagain mereka di masjid ikutan itikaf.

Walau begitu, Ramadan tetap istimewa karena ini hubungannya dengan habluminAllah. Pahala ya sendiri-sendiri soalnya kan? Tidak ada yang bisa menggoyahkan iman masing-masing. Bila ingin banyak pahala ya jangan lupa untuk banyak menjalankan perintah dan menjauhkan larangan termasuk di bulan Ramadan.

Btw, puasa saat pandemi di bulan Ramadan tidak boleh sembarangan ya. Karena kita tetap harus menjaga kesehatan agar lancar ibadahnya selama sebulan Ramadan.

Ini beberapa tips yang bisa dilakukan ala saya :


1. Penuhi porsi menu sehat gizi seimbang isi piringku
2. Prokes jangan lupa terus dilakukan apalagi kalau mau ibadah ke tempat umum
3. Minum suplemen agar kebutuhan nutrisi harian terpenuhi
4. Ingat, lakukan ibadah karena Allah!
5. Jangan menyerah, Ramadan ini cuma sebulan saja loh

Poin ke-5 itu selalu saya kasih ke anak-anak biar mereka terus semangat puasanya. Apalagi kalau mereka mulai tidak semangat berpuasa. Jangan sia-siakan amalan ibadah di bulan Ramadan Nak! Sayang bangettt.

Puasa saat pandemi bukan berarti bikin kita tambah lemes kan, malah kudu tambah semangat. Selamat menjalani puasa walau saat pandemi atau bukan, semoga Allah melancarkan urusan selamat lancar barokah.

Puasa saat pandemi tetap semangat ya! Harus!

Komentar