Haruskah Anak Makan Kurma Saat Puasa?

makan kurma saat puasa

Barang yang wajib ada saat puasa itu kurma. Entah bagaimana kadang ini kurma suka ngilang kalau bukan lagi Ramadan. Eh serius loh! 

Kadang kalau bukan Ramadan harga rada mahal juga soalnya. Biasanya minimarket selalu jual kurma impor gitu, tapi kalau Ramadan bisa mobil pickup jual di pinggir jalan saking musimnya. Rasanya tiap jenis kurma beda-beda tergantung merek apa. Ada yang warna coklat atau malah ada loh kurma yang sampai rada hitam warnanya dengan harga yang mihil amirrrr.

Saya sendiri sebenarnya bukan yang mengharuskan ada kurma saat puasa tapi ada makan saat buka dan sahur puasa hehehehe. Soalnya kadang berasa juga ya kurma setempat kecil gitu 20ribu, kalau dibelikan ke pasar sudah dapat tempe, sayur, dll. Bisa buat banyak orang malah. Ya nggak?

Sebenarnya kurma itu banyak manfaatnya buat tubuh. Apalagi buah nabi ini sudah ditulis dalam Al Quran banyak banget kegunaannya. Kalau buat anak-anak manfaatnya juga banyak, seperti menambah daya ingat, menambah berat badan, sebagai antioksidan tinggi dan juga sebagai energi booster. 

Pas banget buat anak-anak yang energinya tinggi. Kalau dimakan saat puasa ya jadinya tetap semangat anak-anaknya. Mau mengerjakan tugas sekolah ya seperti biasa kan? Atau tetap bisa beraktifitas seperti mereka saat tidak puasa.

Tapi saya sendiri tidak mewajibkan anak makan kurma kok. Kalau pas ada dan ada diskon ya saya beli dan kasih hehehehe. Ya gimana ya, seperti tadi saya bilang bolehlah mencoba untuk makan kurma asal jangan sampai tidak makan yang lainnya. Hehehehe.

Jadi ya kadang-kadang hadirnya kurma di rumah saya ini. Walau saya tahu kebaikan kurma sampai ada di dalam Al Quran.

Saya masih ingat saat mau lahiran, mama papa ngasih saya buah kurma yang bikin saya lumayan berenergi. Soalnya kan kurma memang booster energi, ngepas banget buat lahiran yang kudu ngeden-ngeden mulu wkwkkw.

Jadi sebenarnya haruskan anak makan kurma saat puasa? Kalau dalam pendapat saya, dikasih ya tidak apa-apa kalau ada dan tidak memberatkan. Kalau misalnya tidak ada ya tidak apa-apa juga kita bisa kasih makanan isi piring sehat gizi seimbang lainnya. Betul gak?

Hayo-hayo semangat! Ini sudah puasa hari ke-6! 

Komentar

  1. Bener banget Moms. Saya juga tidak mewajibkan harus ada kurma saat puasa, tapi kalau ada ya alhamdulillah. Hahahah

    BalasHapus

Posting Komentar