Biar THR Tidak Cepat Habis

agar thr tidak cepat habis

Gimana THRnya? Pasti sesuatu ya hehehe. Tenang-tenang, sebelum cuma numpang lewat lebih baik langsung dikondisikan pos-posnya. Kebetulan blogger kan ga dapat THR tapi dapat kiriman kue, dapat hampers dll kan? Ya disyukuri saja, karena memang ini kan nasib freelance. Tetap harus bersyukur ^^.

Nah, kebetulan sekarang sudah mulai melek literasi keuangan. Well, lama kerja bank bukan berarti kita paham tentang keuangan sendiri. Wkwkw. seriusss. Soalnya kalau dipikir-pikir, kalau lagi mau lebaran biasanya ada saja yang kita mau untuk ngapain. Mulai beli hampers, beli baju, benerin rumah dll. Ada-ada saja pokoknya macem-macem. Iya nggak? 

Makanya saya sendiri sekarang pun mulai untuk belajar menahan dan benar-benar pakai buat yang perlu saja. Sebenarnya saya mau lebaran ini udah ngasih beberapa tips di blog dan instagram. Boleh kalau mau dibaca-baca kok!

Dan ini 3 tips asyik biar THR tidak cepat habis ala echaimutenan

1. Tahan nafsu

Bukan hanya syahwat yang harus ditahan, tapi nafsu beli dan belanja juga sama. Saya sendiri sebenarnya butuh lemari biar enak naruh piala-piala anak yang sekarang sudah mulai banyak. Tapi ternyata saya mikir lama, beli nggak ya kok kayaknya sayang uangnya takut kepake buat apa-apa gitu. Ya banyak pertimbangannya yang akhirnya bikin tidak lanjut beli hehehe.

Musim lebaran bikin orang jadi huaaaa kudu beli ini itu ini itu. Tapi ternyata jangan yaaaa, jangan sampai maksudnya. Lebih baik kalau memang beli barang yang dibutuhkan saja. Atau mengeluarkan yang dibutuhkan saja. 

2. Masukkan uang THR ke investasi atau dana darurat

Ada beberapa tulisan yang bisa dibaca di blog saya tentang pengelolaan uang THR ini. Karena sekarang saya sudah makin menyadari pentingnya menyisihkan penghasilan ke dana darurat atau simpanan. Soalnya jaga-jaga seperti dulu awal pandemi dan suami pendi itu kepake banget alhamdulillah.

promo ramadan ajaib

Bisa baca Promo Ramadan Ajaib di blog echaimutenan dan kalau di instagram boleh nih tonton instagram reelsku tentang Investree yang bikin kita jadi lender untuk pendanaan buat UKM.  

Dua ini bisa jadi pilihan untuk meletakkan uang kita saat punya uang lebih atau THR. Tinggal pilih mau yang mana ^^.

3. Sesuaikan anggaran!

Memang lebaran bukan hanya beli-beli baju, hampers dll. Tapi ada saat di mana kita bagi-bagi uang berasa orang kaya mumpung ada rejeki ke keponakan, anak, orang tua dll. Boleh kok. Itu wajar-wajar saja, tapi kan tetep harus sesuai anggarannya. Jangan sampai lebih.

Ingat hidup kita masih berjalan untuk besok besok besok dan besoknya lagi ya!

Gimana? Semoga bermanfaat ya. Jangan menghabiskan uang banyak hanya di momen sekali saja ^^. Semangat buat semua. InsyaAllah ini adalah momen yang luar biasa fitri dan bikin kita bahagia, tapi jangan sesudahnya kita kesusahan. Hehehe.

Selamat memanfaatkan uang THR dengan baik dan tidak cepat habis ya!


Komentar