Enaknya Belanja Online atau Belanja Offline Ya?

belanja online atau belanja offline

Siapa sini yang suka belanja? Sayaaa. Iya saya juga kok. Manusiawi orang belanja. Lah tiap hari belanja bahan buat masakan kan wkwkwk. 

Tapi saya pribadi sukanya belanja langsung alias offline apalagi kalau pesan sepatu buat anak. Baju sama sepatu buat anak itu selalu bikin deg-degan. Kadang ya jatuhnya ga bagus, kadang ga cukup, kadang kebesaran, kadang ya bener. Cuma seringnya ya beli langsung untuk dua item itu.

Cuma kalau yang lain saya sukanya beli online. Apalagi kalau gratis ongkos kirim. Yaaa, gimana sebagai anak online saya juga menyukai belanja online. Soalnya hemat waktu. Coba deh buat nyari barang A kita harus muter-muter naik kendaraan. Iya kalau ada. Tapi seringnya tidak ada. Belum lagi harganya yang mahal.

Coba kalau online, cukup pakai keyword selesai deh! Aman. Iya nggak? Karena saya sendiri suka online, untuk hal seperti ini saya suka belanja online. Soalnya kalau dipikir-pikir ya, hemat waktu banget dan ga capek. Paling ya capeknya cuma scroll saja bandingin harga. Selebihnya ya aman-aman saja. Betul tidak?

Di blogg sebenarnya saya sering curhat tentang senengnya jadi seller di ecommerce dan jualan online. Kalau diperhatikan banyak banget malah, ada pengalaman saya jualan online jadi Blibli seller. Ada pengalaman jualan di lazada, di tokopedia, di shopee dll. Banyak banget pokoknya semua ecommerce saya masukin. Ya namanya juga usaha kan biar makin moncer jualannya. 

Jadi kalau ditanya mau Belanja Online vs Belanja Offline enak mana ya sebenarnya enak dua-duanya. Dan semua tergantung mau beli barang apa? Soalnya kalau belanja offline kan kita lihat barangnya langsung. Tapi kalau mau beli barang jualan online kita harus pintar-pintar ngecek bener gak sih ini kece barangnya? Jangan sampai barang yang kita beli malah kenapa-napa.

Soalnya banyak banget yang zonk kalau beli online. Alih-alih hanya tertarik harga murah barang bagus, di online rawan sekali penipuan. Mulai barang yang aneh-aneh sampai barang yang tidak dikirim. Kalau kita lihat kasus jualan online dan beli barang online itu banyak banget. Bukannya jadi untung malah buntung.

Karena itu sebagai pembeli ya harus pintar-pintar ya jangan sembarangan beli. Cek komentar pembelian review, tanya-tanya dulu gimana, cek rekening yang dipakai termasuk scam atau tidak. InsyaAllah kalau benar pasti barang sampai dan bagus.

Saya saja sering kok belanja di luar negeri seperti gendongan dll. Kalau menurut saya emang bagus, jadi benar-benar harus cek ricek ya.

Bisa balance kok beli barang online atau barang offline, tergantung kebutuhan saja. Kalau online ya hayuk, kalau pas kece di offline ya hayuk. Karena pasti perbedaan harga, kualitas dan lama sampai barang kan?

Belanja offline atau online harus cerdas bukan? Jadi enak belanja online atau belanja offline? Yang mana saja boleeeeeeh!

Komentar