Benerin Blog Via Ahrefs

benerin blog via ahrefs

Punya blog dengan sangat banyak link itu plus minus, karena kan plusnya brandingnya banyak dan tentu sudah besar. Tapi minusnya kadang dari jutaan link itu ada banyakkk sekali yang sudah tidak aktif bahkan broken :"(.

Sedih ya, banget. Di blogku eh ini kita lagi ngomongin www.echaimutenan.com loh hehehe, bukan blog yang ini ya. Blog echaimutenan itu baaaanyak sekali broken link dan kebanyakan mau tau dari mana? Dari bw :"( sedih kan! Padahal BW itu sebenarnya untuk tahu kabar orang dan bermain dengan kawan lain. Tapi ternyata, broken link banyak banget. Ini karena kadang atau sering teman-teman masukin link salah atau urlnya sudah tidak aktif. Jadi satu-satu kudu diapus.

Terus yang lucu lagi, saya sering banget masukin url tapi broken. Entah dari sananya page sudah tidak aktif, linknya masukin salah atau bahkan 404. Macam-macam pokoknya. Yang mau tidak mau saya harus utak atik semua link-link itu.

Yang lucu lagi ternyata perpindahan http ke https itu juga banyak url invalid. Dan wajib banget buat dicek satu-satu diubah ke https :(. Kebayang tidak saya nulis dari tahun berapa dengan berapa banyak link. Dan kudu ngubah satu-sattu sebelum jadi https? Huhuhu gempor booo!

Eh kok bisa tahu? Ini loh, saya pakai ahrefs gratisssss kok. Tinggal buka ahrefs dan masukin url kita selesai tunggu dicek. Bisa lama sih, saya dari malam selesai pagi jam 8 an. Ya itu mungkin linknya banyak. Kalau linknya dikit kayak blog ceritacha ini ya pasti sat set sat set.

Saya sebenarnya tahu ahrefs buat cek DR hehehe. Cuma saya tidak tahu ini kalau ternyata ahrefs bisa ngecek satu-satu link broken di blog saya dan benerin yang salah-salah. Detail dan enak keliatan linknya yang mana.

Saya baru tau berkat ikut grup BRT Networknya si pewe dan monica. Karena memang mereka senang share materi-materi bergizi seperti ini. Masuk sana saya jadi belajar lagi banyak malah. Makin didenger makin tidak mengerti karena jadi makin paham ooo salahnya banyak wkwk.

Jadi saat saya ngecek health score saya 37-38 (Ada dua parameter berdekatan soale). Pas klik salah-salahnya banyak banget :"(. Dan sambil saya pelan-pelan cek saya jadi tahu oalah erore akehhhh men bebbbb. Hahaha.
 
Sebelum ahrefs
Skor ahrefs sebelum dibenerin

Setelah utak atik pelan-pelan, akhirnya setelah beberapa hari crawlr ulang sama ahrefs dan naik jadi 74-75. Hua senengnya. Tapi masih banyak yang harus dibenerin :"). Banyak banget, tapi udah lumayan lah yaaa daripada 37-38 xixixi. 

setelah ahrefs
Skor ahrefs setelah dibenerin jadi 74-75 yeayy

Dan ternyata ini ngaruh banget sama data inti web di google search console saya. Yang tadinya eror sampai 672 an sekarang tinggal 400an. Lumayan tapi masih peer juga jadinya xixixi.

Baiklah, rencananya di bulan Ramadan mau nyeleseikan minus-minus ini. Biar health score jadi 100 persen dan blog saya di sebelah makin sehat. Kalau blog baru ini sih enak masih 100 scorenya soalnya kan masih baru belum banyak eror xixixi.

Ini tips blogging yang ingin saya lakukan dan sudah saya lakukan. Bagaimana dengan kamu?

Komentar

  1. mihhhh, makasi banyak infonya, ini tuh berarti harus Log in dulu yak?

    BalasHapus

Posting Komentar