5 T Di Bulan Puasa Ramadan

5 T di bulan puasa

Sudah hari ke-8 berpuasa, tidak terasa ya! Mumpung masih minggu awal puasa nih tidak ada salahnya kita mengingat lagi ngapain saja sih kalau lagi puasa seperti ini.

Kalau saya dan keluarga ya sebenarnya sama saja dengan keluarga lain yang dilakukan selama Ramadan. Tapi pahala memang tergantung diri masing-masing. Soalnya kalau hubungannya dengan Allah ya tidak ada yang bisa menilai selain Dia. 

Untungnya anak-anak masih lancar puasanya selama 8 hari ini. Ya ya, Raffi Raffa memang masih semangat buat berpuasa seharian. Tapi ada satu yang mereka rada males yaitu terawih. Ini karena mereka biasa tidur jam setengah 8 malam biasanya sudah bobok. Kan kalau tarawih biasanya sampai jam 8 atau setengah 9 malam xixixi. Matanya sudah 5 watt semua. 

Mungkin kalau bukan karena buku pondok ramadan yang harus diisi, Raffi Raffa tidak akan ikutan tarawih berjamaah. Padahal kalau dipikir-pikir, Allah itu inginnya saat Tarawih itu berjamaah. Karena ini salat yang bisa dilakukan sendiri. Tapi bila dilakukan bersama-sama pahala tentu lebih besar. Makanya walau males anak-anak saya tetap minta mereka salat tarawih di masjid. Soale ya apa mumpung Ramadan gitu kan sayang.

Sebenarnya tidak banyak berbeda loh untuk apa saja yang perlu dilakukan di bulan puasa dengan bulan-bulan sebelumnya. Yang penting jangan lupa untuk melakukan kegiatan bermanfaat ya di bulan puasa Ramadan.

Ini 5 T di bulan puasa ala keluarga kami 


5 T di bulan puasa

1. Tetap puasa

Ya jelaslah namanya juga bulan puasa, kalau bisa puasa kenapa tidak? Ya nggak? Mumpung bulan Ramadan. Anak saya 5 tahun saja puasa loh, masak yang gede nggak?

2. Tarawih

Hanya ada di bulan Ramadan, yesss tarawih dan tidak bisa diganti sama hari lain. Kalau puasa masih bisa diganti, tapi kalau tarawih ya cuma di bulan Ramadan saja bisa dikerjakan.

3. Tadarus

Sebenarnya lebih baik di bulan Ramadan untuk melakukan amalan-amalan dan meningkatkan kepahaman terhadap amalan yang sudah kita kerjakan. Salah satunya termasuk tadarus, kalau bisa malah khatam membaca 1 bulan di bulan Ramadan. 

4. Tidak lupa olahraga

Puasa lemes? Yaelah kek anak bayi aja! Hayo hayo tetap bugar ya! Jangan sampai karena puasa kita lemes kurang bergairah. Kan kasihan puasanya disalah-salahkan wkwkkw

5. Tidur

Yes, kegiatan yang bisa rutin kita lakukan di siang hari tidur siang. Kalau WFO ya bisa bobok bentar setelah solat dhuhur. Anak-anak ini loh seneng saya bisa bobok siang sekarang karena puasa. Biasanya males banget dan susah boci, selama puasa zzzzttt.

Semua kegiatan yang bermanfaat kan di bulan puasa Ramadan. Semoga puasanya jadi makin lancar habis praktik kegiatan 5 T di bulan Puasa Ramadan ini. Semangat ya 3 minggu lagi!

Komentar