7 Tips Cari Sekolah Buat Anak yang Tepat

Posting Komentar
Tips Cari Sekolah Buat Anak yang Tepat

Yuhuuu, siapa di sini yang sudah mulai sibuk cari sekolah buat anak. Sini salaman dulu hehehe. Tahun ini 2 anakku masuk sekolah barengan uhuk biayanya ya pasti lumayan kan. Nah biar tidak bingung, berdasarkan pengalaman cari sekolah buat anak untuk si Kakak saya beberapa hari lalu sharing di telegrup Tumbuh Kembang Gabag Indonesia. 

Soalnya kalau dipikir-pikir pengalaman cari sekolah buat anak sudah saya banyak juga. Anak saya total sudah 5 kali pindah-pindah sekolah hehehe. Ya pernah TK ke TK atau SD ke SD. Pokoknya lumayan lah pengalaman saya biar bisa share ke teman-teman semua hehehe.

Cepet bener ya yang tadinya ditimang-timang sekarang eeeeh dah mo pake seragam sekolah :")

Seru-seru haru dan lucu gitu. Secara ya kalau dipikir-pikir, kadang ada sekolah yang saya impikan eeeeh uangnya nggak nutut. Ada sekolah yang sesuai budget, eeeh pergaulannya saya tidak bisa menghadapi huhuhu. Berat pokoknya! Kalau mengikuti kata hati dan pengennya, pasti inginnya sekolah buagus, kurikulum bagus dan berkualitas yang harganya pasti ga nanggung2 πŸ˜….

Tapi baiklah saya share ya! Tapi mau itu paud, tempat les atau sekolah, jangan sampai salah pilih. Karena itu penting buat tumbuh kembang anak dalam segala hal. Jadi tetap bijak memilih sekolah ya!

7 Tips Cari Sekolah buat Anak yang Tepat

7 Tips Cari Sekolah buat Anak yang Tepat

1. Lokasi Sekolah

Seperti dulu pernah saya sharing di sini, lokasi itu penentu buat milih sekolah. Kebayang ga selama 3 taun bahkan 6 taun sekolah kudu tiap hari ke sana. Ini pengalaman saya dan buat saya big no no kecuali ada pengantar ya beda cerita. Atau sejurusan sama kantor bisa sekalian gpp. Jadi pastikan lokasi sekolah dijangkau dengan mudah ya mommy semua

2. Kurikulum Sekolah

Mau cambrigde, montessori, sekolah alam, dll silakan tapi pastikan kurikukum dikbud masuk. Karena dimana2 yaaaa ijazah dari dikbud yang berlaku di Indonesia😊. Jadi pastikan sekolah terdaftar terakreditasi juga

Cek kualitas pengajarnya juga. Pernah pas survey ke suatu sekolah bilang di sana gurunya galak2 loh atau gurunya matre2 loh dll katanya katanya gt. Jadi tidak ada salahnya mencari informasi kepada orang lain yang pernah sekolah di sana atau sekitar sana. Tapi tetap yang namanya katanya bisa iya bisa tidak jadi pertimbangan pribadi. Yang penting pastikan kualitas pendidiknya πŸ’‹

3. Fasilitas Sekolah 

Selain fasilitas kelas, lapangan, lab dll jangan lupa ya saat mommy cek survey kamar mandi wcπŸ˜…. Menurut saya, kebersihan itu bisa berkaca dari kamar mandi wc sekolah dan saat liat kelas nyaman tidak. Ventilasi udara ac cahaya kebersihannya nyaman tidak ya buat anak selama sekolah.

4. Cek Bahasa yang Digunakan di Sekolah

Bahasa yang dipakai juga jangan dilewatkan. Beberapa ada bahasa inggris sebagai utama,indonesia juga. Ini bisa membuat anak yang mungkin sedang telat bicaranya jadi bimbang

5. Biaya Sekolah

Untuk biaya, tentu disesuaikan budget sendiri2 ya. Jangan lupa pastikan selama sekolah anak aman spp dll ya. Tanya juga ada biaya lain2 ga. Soalnya ada loh sekolah yg spp murah tapi biaya bulanannya adaaaaa ae. Biaya ini biaya itu ada aja, belum biaya tamasya rekreasi. Atau sekarang biasa disebut puncak tema kalau di tk

Tanyakan dengan jelasssss sejelas jelasnya setajam silet. Jadi besaran spp dan biaya masuk tergantung mommy masing2 yang tahu keuangan keluarga, tapi ingat jangan melebihi budget πŸ’‹.

6. Cek Pergaulan Anak dan Wali Murid

Biasanya nanti kalo sekolah ada grup wa trus ya biasanya kenalan kan. Nanti ada komite dll yang sering  buat acara. Selain ngaruh ke sikap anak, karakter orang tua juga ngaruh ke biaya gaya macan ternak. 

Tapi aku termasuk yang selalu ikut jadi pengurus komite selama anakku sekolah. Ya seneng aja, nambah teman 😍😍😍😍dan tentunya anak kita lebih perhatikan guru otomatis biasanya yaaa

Sampai pindah di kota kecil pun aku masih pengurus utama komite sekolah. Ya karena seneng aja butuh temen ngobrol dan hura2 (Baca makan bakso). 

7. Pastikan Anak Nyaman

Yang terakhir sebagus apapun sekolahnya kalau anak ga nyaman ya zonk yaaa ya jangaaaan. Karena apa? Ya kasian anaknya, yang sekolah anaknya lohhhh. Jadi tetap cari kenyamanan anak yang utama ya. Ingat yang sekolah anaknya loh yaaa.

Mau murah mahal memang tergantung persepsi kita, karena banyak sekolah berkualitas dengan pendidikan kurikulum baik. Yang pasti anak kita suka dan berath dengan sekolahnya. Jadi jangan bingung lagi ya cari sekolah buat anak.

Related Posts

Posting Komentar