Serba-Serbi Jam Tidur Anak Toddler Balita

Posting Komentar

Serba-Serbi Jam Tidur Anak Toddler
Siapa di sini yang suka kesel kalau anaknya tidak mau bobok siang atau bobok tidak terlalu malam? Hidihhhh kesel banget ya memang! Sama kok. Saya pikir semua anak-anak toddler sama heeheheh. Pelik memang kalau masalah  bobok siang ini hehehe. 

Kalau dipikir-pikir, anak-anak saya semenjak masuk SD gak ada yang bobok siang. Beda sama anak yang masih paud dan tk, bisa gitu diajak tidur walau syulit kata reyhaaaan. Tapi mumpung mereka masih bisa kan bobok siang, karena kalau dah SD apalagi sekolahnya full day kayak si kakak waduh bobok siangnya susah. Gak ada waktu lagi huhuhu. 

Kalau bobok malam, alhamdulillah anak-anakku masih tepat waktu. Jadi setengah 8 malam semua masih bisa langsung otomatis bobok masuk kamar. Dan rata-rata jam 8 malam atau sampai jam setengah 9 dah pada bobok. Setelah itu eike dan suami BEBAS wkwkkw. Nggak, maksudku bebas buat mengetik dan mengerjakan pekerjaan rumah yang membludak maksudnya ya gaesss.

Baiklah kali ini saya mau sharing materi tentang balita yaitu tentang jam tidur anak toddler. Mulai dari berapa lama jam tidur, mengapa harus cukup tidur dll. Sebelumnya, materi ini sudah saya sampaikan pada telegrup gabag Indonesia pada materi gabag tumbuh kembang tentang jam tidur anak toddler. Saya tulis ulang lagi agar banyak buibuk yang tahu ya!

Jangan lupa tonton dulu videonya ya, biar lebih gampang mengerti. 
Like dan subscribe juga hahahaha.

Malam ini kita materian bentar ya❤️❤️❤️. Siapa di sini anaknya yang toddlernya suka susah bobo siang dan bobonya malem? Padahal bobo cukup dan berkualitas itu penting loh buat anak ❤️❤️. Anakku hanya sampai TK A aja kayaknya bobok siang πŸ˜…. Tapi anakku jam 4 dah pada bangun subuh, karena subuhan di luar. Tapi karena kebiasaan tidak disengaja jadinya kayak jadi pembiasaan di rumah hingga sekarang. Alhamdulillah. 

Kenapa Anak Toddler 3-5 Tahun Harus Terpenuhi Kecukupan Tidurnya?

Kenapa Anak Toddler 3-5 Tahun Harus Terpenuhi Kecukupan Tidurnya?
Sebenarnya semua tergantung kebiasaan tidur keluarga masing-masing ya. Tapi tetap kecukupan tidur anak harus terpenuhi. Karena di usia emas, perkembangan otak anak sangat pesat. Iya benar perkembangan otak pesat dll di usia emas. Semakin banyak tidur berarti anak, sel-sel otak akan berjalan dengan sempurna.

Berapa Lama Anak Toddler Tidur Dalam Sehari?

Berapa Lama Anak Toddler Tidur Dalam Sehari?
Anak toddler 3-5 tahun tidur dalam sehari disarankan sebanyak 10-12 jam sehari. Itu bisa dibagi, di waktu siang 1-2 jam dan di waktu malam 9-10 jam. Kalau tidak tidur siang, berarti saat malam dipenuhi kecukupan tidurnya ya!. Jadi paling tidak dalam sehari wajib banget sekitar 10-12 jam.

Tapi tetap sesuai kebiasaan dalam keluarga. Karena kadang ada mom dad yang pulang jam 9 malam kan. Dan anaknya menunggu, ya ga bisa diterapin jam 8 tidur. Bisa cuma mungkin nanti ga bisa bareng anak kan. 

Dulu, waktu bersama ayah (Karena suami yg kerja pulang malem) malam hari ya dia ga bisa mainan sama anak karena sudah tidur. Jangankan bangunin, pas dia datang aja harus pelan-pelan buku pintu dll agar anak tidak bangun hehehe. Trus bapaknya protes malam udah ga bisa sama anak, pagi ga ketemu juga. Akhirnya jam 4 pagi pasti ngobrol ketemu main sama anak, karena dia siap2 kerja juga jam 6 berangkat soale. Makanya kubilang kebiasaan karena tiap keluarga kan beda2.

Salah ga kalo jam 11 malem tidur? Ya nggak juga, tergantung kebiasaannya kalau we time nya jam segitu bertemu ya gpp. Nanti tinggal ditambah saja jam tidurnya dalam sehari. Tapi yang pasti membiasakan anak bangun pagi adalah kebiasaan baik 😘😘 peersiapan sekolah SD juga kan. Kalau malam kebiasaan boboknya, nanti saat di sekolah bisa telat dan mengantuk jadinya. Apalagi kayak anak saya yang full day sekolahnya, mana ada waktu bobok siang.

Seringnya waktu siang ga bisa bobok, tapi sorenya jam 5 mau bobok πŸ˜…πŸ˜…. Itu gpp selama nanti ditambah bobonya bangunnya rada siang untuk toddler.

Pokoknya selama anak mau bobok apalagi siang ya bobok aja. Kayak kita lah ya, kalau lagi istirahat siang kantor pengennya bobok di musholaπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚. Dulu weeeh bobok siang tar sok tar sok, sekarang hoaream wae tunduh terus (Dulu aja disuruh bobok siang tar dulu tar dulu, skrg ngantuk terus pengen bobo siangπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ ngantuk terus).

Jadi selama pemenuhan tidurnya cukup ya tidak perlu dipaksa harus bobok ya. Jangan dibanguni juga kalau dah bobok, nanti anak malah rungsing. 

Mengajak Anak Tidur Dengan Lebih Tenang

Mengajak Anak Tidur Dengan Lebih Tenang
Nah skrg gimana biar anak mau bobo lebih tenang? Jangan lupa lakukan ritual-ritual berikut ya. 

1. Pijat Nyaman Tubuh Anak

Jangankan anak, kita aja nyaman kalo dipijet kan. Coba dispa sampe ngiler2 boboknya. Sama anak pun juga. Kalau dulu di bawah 3 taun anakku bisa dimandiin siang trus bobokπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚. Pas dah 4 ke atas ampun2 mandi siang juga kagak tidur kadang. Jadi diganti pijetan nyaman lebih buat tenang anak.

Ada mommy yang sharing juga pakai metode pijat lalu oles lotion antinyamuk, aku pijat. Tp sekarang anakku tuman πŸ˜‚πŸ˜‚. Tiap mau tidur, anakku nanya lotion nya mana, minta pijit 🀣. Itu gpp banget ya, karena nanti ada masa anak ga mau digituin hehe. Selama mau gpp.

2. Bacain Buku Sebelum Tidur

Walau ya bukunya nanti itu lagi itu lagi bisa banget ya. Bacakan yang seru-seru dan adem ya. Jangan bacain buku serem, buku akutansi, buku kedokteran atau buku eksen. Biar ga mikir yg baca sama yg dibacainπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

Kadang kalau saya lagi senggang suka mainan boneka tangan gitu sambil bercerita. Anak jadi nyimak sambil tiduran. Ih seruuu lohh!
Langsung beli produknya di link berikut ini ya : Mainan Edukasi Anak Hewan Lucu

3. Pillow Talk

Kalau dah baca buku pijet ga mau bobok ngapain? LONCAT-LONCAT KASUR? No no no, ajak anak buat pillow talk ngobrol seharian ngapain main apa ketemu siapa dll. Sambil dielus-elus punggungnyaπŸ˜…πŸ˜…, atau kasih tangan agar anak bisa meluk aja.

4. Nyanyi Lagu Nina Bobo atau Lagu Lainnya Agar Anak Mau Tidur

Beberapa lagu lullaby masih berhasil bikin anak langsung bobok loh!. Atau bisa juga suara gemericik air yang menenangkan.

Pakai bedding lucu yang bikin anak nyenyak tidur bisa banget! 
Langsung beli produknya di link berikut ini ya : Bedding Lucu Anak
Bagaimana? Gampang kan ternyata membuat anak tidur dengan baik? Jadi tahu sekarang jam tidur anak toddler balita. Semoga bermanfaat dan jangan lupa dishare ya!

Related Posts

Posting Komentar