Raffi Ikut Lomba Olimpiade Matematika (Lagi)

Posting Komentar

Raffi Ikut Lomba Olimpiade Matematika (Lagi)

Siapa di sini yang anaknya selalu diikutkan lomba-lomba hehehehe yaaa akuuuu*tunjuk tangan. Gimana ya? Berhubung anaknya aktif dan mau yang penting, masak seh ibu itu diam-diam saja. Pokoknya ya, anak aktif dan sering ikut lomba itu semua tergantung sama orang tuanya. Kalau orang tuanya malas, ya wes babay anaknya juga malas pastinya.

Tapi ini ya pengalaman dan pengamatan saya saja seh. Kalau misale ya saya dan suami tidak rajin ikutin lomba, atau tidak semangat antar jemput biayain ya anaknya juga ga bisa ikutan macam-macam pastinya. Kuncinya memang orang tua seh, menurutku ya!

Baca juga : Anak aktif? Kok bisa? 

Kayak gini contohnya Raffa yang suka mewarnai dan menggambar atau Raffi yang karate, kalau dua-duanya tidak saya dukung ya susah juga kan pastinya! Mereka ga bakalan ikutan apa-apa jadinya. Ya paling sekolah biasanya saja. Padahal saya ingin anak itu suka hobinya dan berprestasi, apalagi biar bisa ikutan jalur japres. Karena saya ingin anakku sekolah di sekolahan yang bagus. Gitu aja seh! 

Namanya juga orang tua pasti ingin yang terbaik untuk anaknya kan?

Persiapan Raffi Ikutan Olimpiade Matematika

Persiapan Raffi Ikutan Olimpiade Matematika

Kali ini saya mau cerita tentang pengalaman Raffi yang ikutan olimpiade. Sekarang anaknya sudah kelas 3 SD dan semenjak SD dia sudah ikutan 10 olimpiade perwakilan dari dua sekolahan. Banyak ya? Iya banget! Ya macam-macam olimpiadenya, rata-rata kalau SD kan olimpiade 3 mata pelajaran yaitu IPA, Matematika dan Bahasa Inggris.

Setelah daftar, nanti biasanya nanti ada pembinaan sekolah. Biasanya berjalan 2 minggu sampai 1 bulan yang dilakukan di sela-sela pelajaran tambahan. Karena Raffi sekolahnya full day, dia biasanya pulang kan jam 3 sore atau jam 5 sore kalau pas tahfiz. Jadi pembinaan dilakukan pas di jam makan siang atau pas pelajaran yang bukan utama saja. Dan semua yang ikutan lomba biasanya gitu. 

Saya termasuk bersyukur sekolah yang sekarang kalau mau lomba ada pengarahan dulu dan diajari. Biasanya ya nggak loh! Ada sekolah temenku, anaknya lomba tapi didiemin gitu :v :v :v. Gak ada pelajaran tambahan atau pembinaan dari sekolah. Kasihan seh ya, soale kan mewakili sekolah masak ga ada pembinaan gitu :(. Yah tapi sekolah memang beda-beda yo!

Baca Juga : Jurusan Kuliah Anak Nanti

Yang pasti persiapannya selain banyak latihan, jangan lupa untuk menjaga kesehatan. Karena penting banget, kalau anaknya sakit ya susah mau ngerjain soal.

Oh iya, ini olimpiade yang dilaksanakan banyak penyelenggara loh ya. Bukan yang OSN, karena kalau OSN siswa tidak akan bayar. Dan itu adalah event tahunan kemendikbud, gratis. Sedangkan olimpiade yang dikuti Raffi ini adalah dari pihak swasta, di mana tinggal bayar saja trus ikutan lomba. Tapi tentunya, mau ikutan yang manapun tetap menyenangkan dan membanggakan!

Hari Perlombaan Olimpiade

Hari Perlombaan Olimpiade

Di hari perlombaan, biasanya ditempatkan di suatu sekolah gitu dan sudah terbagi kelas-kelas pesertanya. Lebih enak kalau datang 15-30 menit sebelum lomba dimulai. Biar anaknya persiapan juga kan!

Lama lomba rata-rata 1-1,5 jam saja. Setelah selesai rata-rata dapat penghargaan piala dan piagam. Ya lumayan buat portfolio hehehehe. Pengumuman lolos tidaknya tergantung panitia, bisa seminggu bahkan sebulan hehehe. Karena ini biasanya dari tingkat kabupaten dulu, kalau lolos baru tingkat propinsi dan langsung ke nasional. Gitu seh rata-rata alurnya. 

Baca Juga : Perlengkapan Lomba Mewarnai

Pengalaman saya sendiri, saya tidak pernah MAU BAYAR UNTUK LANJUT WALAU LOLOS. Iya serius xixixi. Soalnya lumayan bayarnya. Kalau kabupaten biasanya 35-65 ribu, propinsi bisa 150-300 ribu. Kebayang gak pengeluaran yang harus kita keluarkan sendiri? Akomodasi? Wew, tambah banyak kan? Karena kan BAYAR SENDIRI!

Tapi mungkin akan beda kalau saat Raffi kelas 5 atau 6, karena sertifikat itu kan bisa ikutan japres (Jelur prestasi). Di mana sertifikat kejuaraan yang berlaku 2 tahun sebelum masuk SMP, berarti di kelas 5 atau 6 kan? Mungkin saat itu saya bakal mendukung dia hehehe. Cuma semua lagi-lagi kembali ke orang tuanya ya!

Kalau sekarang ikut-ikutan saja dulu, belajar berkompetisi ^^. Tapi itu bisa jadi pengalaman berharga, di mana soal olimpiade TIDAK SAMA dengan soal yang biasa dikerjakan di sekolah. Beda banget! Dan anak kita bakal lebih terlatih menghadapi variasi soal ^^.

Jadi yang penting, apapun yang anak suka tolong didukung saja ya! Itu yang penting! Dan selamat berolimpiade, anak pintar dari Ibu yang bahagia. Semangat!

Related Posts

Posting Komentar