BRI Menanam: Perwujudan Sinergi ESG Inisiative BRI untuk Indonesia yang Lebih Hijau

Posting Komentar
BRI Menanam: Perwujudan Sinergi ESG Inisiative BRI untuk Indonesia yang Lebih Hijau

“Bu, Raffi menang Bu jadi Duta Lingkungan”, ujar suara guru di seberang telepon
“Alhamdulillah. Juara berapa, Bu?”
“Juara satu, Bu!”
“MasyaAllah alhamdulillah”, kataku sambil mengucap syukur.

Dua bulan terakhir, Raffi memang sibuk untuk mengikuti lomba Duta Lingkungan di daerah tempat kami tinggal. Serangkaian tes mulai dari tes tulis, wawancara, keliling lokasi tempat yang ada hubungannya dengan penghijauan hingga pra karantina dan karantina.

Kemenangan Raffi itu karena program SANAK SATE. Yang artinya SAtu aNAK SAtu meTEr, dimana setiap anak akan menjaga kebersihan satu meter dari tempat dia berdiri. Jadi bisa dibayangkan kan kalau orangnya ada banyak, pasti seluruh lingkungan akan terjaga kebersihannya.

BRI Menanam Perwujudan ESG Inisiative dan Sinergi Peduli Lingkungan Hijau Indonesia
Namun program itu memang pemikiran sederhana anak kelas empat SD. Tentu untuk kita yang lebih dewasa pasti akan lebih berpikir panjang ya. Lihat saja sekarang, hutan ditebangi dibangun perumahan, polusi makin bertambah dan lahan hijau bermain anak menjadi berkurang.

Miris? Banget! Untuk bermain di alam terbuka saja kita harus bayar. Apa semenyedihkan itu untuk menikmati keindahan alam Indonesia?. Itu kalau dilihat dari segi anak-anak, kalau untuk orang dewasa pasti lebih banyak aspek yang krusial kan.

Apalagi untuk di lingkungan bekerja, akan sangat banyak hal yang harus diperhatikan demi kenyamanan bersama.


BRI Sebagai Inisiator ESG di Indonesia

BRI Menanam Perwujudan ESG Inisiative dan Sinergi Peduli Lingkungan Hijau Indonesia
Bank BRI adalah salah satu perbankan BUMN terbesar menjadi pendobrak ESG initiative di Indonesia. Mungkin belum banyak yang tahu tentang ESG ya? Jadi Bank BRI sudah melaksanakan komitmen investasi berkelanjutan ESG sejak tahun 2013. ESG sendiri merupakan singkatan dari Lingkungan (Environment), Sosial (Social), dan Tata Kelola Perusahaan (Governance) yang mencerminkan tiga aspek fokus utama dalam menilai dampak dan kinerja perusahaan dari segi lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan.

Untuk ESG dalam bidang lingkungan atau environment, Bank BRI berusaha untuk mengurangi dampak negatif terhadap alam dengan pengelolaan yang baik. Tidak jarang juga, BRI ikut andil dalam praktik berkelanjutan untuk mendukung bumi agar makin sehat jangka panjang. Jadi tidak hanya digitalisasi BRI saja yang diutamakan, tapi juga hidup berkelanjutan di masa depan.

BRI Menanam Perwujudan ESG Inisiative dan Sinergi Peduli Lingkungan Hijau Indonesia
Bukan hanya itu saja, prinsip yang BRI terapkan juga semakin lama semakin banyak. Dilihat dari data Suistainability Report 2023, Bank BRI sudah mengeluarkan Suistable Report pertama kali tahun 2013 dan di 2022 program ESG yang diluncurkan sangat banyak. Mulai dari established ESG roadmap, Green Bond, Brillian Tower yang menjadi gedung perkantoran hijau, menjadi yang perusahaan pertama di Indonesia yang ikut dalam Carbon Accounting Financial, pengelolaan penggunaan kertas dan BRI Menanam.

Hadirnya BRI Menanam di Tahun 2023 Demi Sinergi Dengan Bumi Tercinta

BRI Menanam Perwujudan ESG Inisiative dan Sinergi Peduli Lingkungan Hijau Indonesia
BRI Menanam merupakan program resmi lanjutan BRI yang pertama kali hadir di tahun 2022. Sebagai implementasi ESG, Bank BRI ingin menciptakan sinergi antara perusahaan dan masyarakat untuk lebih peduli bumi tempat tinggal tercinta.

Hal ini memang sejalan dengan pencanangan pemerintah dimana terwujud pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals 2030. Bukan hanya peduli pada nasabah, BRI juga mengajak masyarakat juga peduli dengan alam.

Di daerah Kulonprogo, Jawa Tengah saja ada 24 Desa BRILian yang ikut dalam program BRI Menanam. Ada 2.640 bibit buah terdiri 1.430 bibit alpukat, 220 bibit durian, 110 bibit kelapa, 605 bibit kelengkeng dan 275 bibit mangga yang telah didistribusikan.

Dan serunya lagi, BRI Menanam bukan hanya menanam bibit saja tapi juga menanam harapan dan masa depan yang lebih baik. Dimana akan banyak tanaman buah yang disalurkan dan diharapkan untuk tumbuh dan memberi manfaat jangka panjang bagi masyarakat sekitar. Buah-buahan dan sayuran yang ditanam juga bisa dikonsumsi, serta dapat bernilai ekonomi bagi warga sekitar. Pahlawan UMKM yang bergerak dalam bidang pangan, terutama sayur dan buah pun akan memiliki usaha yang akan makin berkembang.

BRI Menanam Perwujudan ESG Inisiative dan Sinergi Peduli Lingkungan Hijau Indonesia
Langkah awal perjalanan panjang BRI Menanam ini memang sangat mendukung keberlanjutan dan kesejahteraan masyarakat. BRI juga sangat berharap agar ESG yang dilakukannya bisa menjadi inspirasi banyak pihak demi bumi tercinta.

Apalagi untuk BRI Menanam, menanam pohon hari ini manfaatnya akan dapat terwujud untuk generasi masa depan. Ini merupakan harapan besar untuk masa mendatang bumi lebih baik dan tentunya lebih hijau.

Berkat kepedulian BRI dengan program ESG yang luar biasa, bumi kita akan makin terjaga. Jangan khawatir untuk melakukan hal kecil, karena apapun itu harapan ada di sana. Semua dilakukan BRI untuk Indonesia yang lebih baik.


“Ma, Raffi ingin menanam pohon di belakang rumah”
“Tentu saja boleh, Nak! Ngomong-ngomong kenapa?”, tanya saya
“Kan aku Duta Lingkungan, jadi harus bisa kontribusi kecil untuk hijaunya bumi. Walau kecil banget ya Ma!”, jelas Raffi berapi-api
“Betul sekali Nak. Yuk kita jaga bersama bumi tercinta”.
“Yuk!”.

Related Posts

Posting Komentar