Bersama Menghijaukan Lingkungan KBA Pekayon Demi Masa Depan

Posting Komentar
Bersama Menghijaukan Lingkungan KBA Pekayon

Saat pertama kali mendengar nama Bekasi, pasti tidak banyak yang tahu kalau ada KBA (Kampung Berseri Astra) Pekayon yang lingkungannya sangat indah. Tinggal di daerah subur yang dulu sangat banyak kayu, KBA Pekayon berkali-kali membuktikan kalau gotong royong warga bisa membuat lingkungan lebih nyaman ditinggali.

KBA Pekayon ini berada di lingkungan RW 11 Pekayon Jaya, Bekasi Selatan. Bersama-sama gotong royong, KBA Pekayon selalu berusaha menciptakan kawasan tempat tinggal yang juga memperhatikan iklim berkelanjutan. Sehingga di masa depan, tempat tinggal KBA Pekayon tetap layak dan nyaman bagi para warganya.

Menjadi salah satu Kampung Berseri Astra, KBA Pekayon banyak mendapat prestasi dan percontohan bagi lingkungan lainnya. Sehingga masuk menjadi Program Kampung Iklim dan berturut-turut menang penghargaan predikat ProKlim Lestari tahun 2022 dari KLHK RI.

Tercipta Berkat Guyub Warga KBA Pekayon RW 11 Bekasi

Bersama Menghijaukan Lingkungan KBA Pekayon

Kekuatan kebersamaan di KBA Pekayon ini membuktikan kalau segala program akan berhasil bila dilakukan secara gotong royong. Semua warga di RW 11 Pekayon Bekasi terus saling kerjasama agar tempat tinggalnya menjadi lebih hijau, asri dan bersih.

Ternyata sejak tahun 2003, KBA Pekayon sudah membuat gerakan peduli terhadap lingkungan. Di mana tercipta dari beberapa warga yang awalnya aktif di Masjid Darussalam yang akhirnya disambut baik oleh warga Pekayon lainnya. Kesadaran diri untuk terus semangat melakukan kegiatan positif di lingkungan hidup menuai banyak dukungan, sehingga mulailah membenah diri dimulai dari rumah masing-masing dan berlanjut hingga di seluruh lingkungan KBA Pekayon.

Karena itulah, pada tahun 2018 KBA Pekayon akhirnya resmi diverifikasikan menjadi Kampung Iklim Utama yang merupakan program dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. Semenjak itu, KBA Pekayon mendapatkan penghargaan berturut-turut dari 2018, 2020 dan 2022 di Program Kampung Iklim KLKH RI.

Bersama Menghijaukan Lingkungan KBA Pekayon

Keberhasilan itu bukan sendiri, tapi berkat kerja sama yang sangat guyub dari warga KBA Pekayon. Bahkan Bapak Mulyanto sebagai ketua KBA Pekayon dan sekaligus ketua RW 11 Pekayon Bekasi ini sangat mendukung lingkungannya menjadi lebih baik di masa depan. Kalau ada yang bisa kita kerjakan semangat demi anak cucu kita kenapa tidak?.

1000 Kegiatan Bermanfaat di KBA Pekayon

Bersama Menghijaukan Lingkungan KBA Pekayon

Ternyata di KBA Pekayon ada banyak program kegiatan dengan visi misi untuk mengupayakan aksi meningkatkan ketahanan terhadap perubahan iklim (Adaptasi) dan pengurangan emisi gas rumah kaca (Mitigasi). Jadi jangan kaget kalau menjadi warga RW 11 Pekayon Bekasi, pasti bakal banyak kegiatan bersama.

Ada 4 program penting di KBA Pekayon, yaitu Kebun Sayuran, Kampung Hidroponik, Kebun Sayuran dan Cinderamata Karya KBA Pekayon. Kebun Sayuran merupakan cara untuk melakukan aksi Mitigasi dan Adaptasi di RW 11. Warga KBA Pekayon melakukan potisasi (Penanaman pot), penanaman di Polybag, dan pembibitan di lahan tidur. Bahkan diajari juga untuk membuat dan menggunakan Eco Enzyme dalam kehidupan sehari-hari.

Sedangkan Kampung Hidroponik adalah program Kelompok Wanita Tani yang dibawahi oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, yakni Departemen Pertanian dan Ketahanan Pangan. Kedua program tersebut dilakukan di rumah sendiri secara perorangan dan berkelompok pada bahu jalan serta fasilitas umum.

Sejak tahun 2023, Program Kampung Iklim bekerja sama dengan pihak eksternal seperti Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) dari Universitas Tarumanagara, Jakarta untuk membuat cinderamata. Hasil penjualan akan digunakan untuk keperluan KBA Pekayon. Bahkan ada hasil mural para mahasiswa yang salah satu menghiasi tembok di KBA Pekayon loh!.

Bersama Menghijaukan Lingkungan KBA Pekayon

Ada yang menarik dari KBA Pekayon ini, yaitu pengumpulan sampah setiap minggu atau biasa disebut dengan hari angkut sampah satu erwe. Jadi semua barang-barang bekas anorganik yang dikumpulkan menjadi satu ke kader bank sampah dan diangkut pada satu hari tersebut. Hasilnya lebih rapi dan para warga tidak perlu kebingungan saat akan mengumpulkannya.

Kebanggaan KBA Pekayon Menjadi Salah Satu Penerima Penghargaan Satu Indonesia Awards untuk Kampung Berseri Astra

Bersama Menghijaukan Lingkungan KBA Pekayon

Menjadi salah satu dari 167 KBA Astra menjadikan KBA Pekayon makin giat dan semangat dalam melakukan berbagai program demi masa depan lingkungannya. KBA Pekayon sangat aktif menggerakkan program kampung iklim serta memanfaatkan media kehumasan digital untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat terkait isu-isu perubahan iklim.

Berbagai pelatihan juga diberikan pada para warga mulai dari untuk menjaga lingkungan, kesehatan hingga pelatihan digital. Agar tiap warga terus bergerak semangat aktif dalam program yang ada di KBA Pekayon. Jangan heran kalau hanya untuk senam pagi rutin di hari Minggu banyak didatangi warga RW 11 dan sekitarnya.

Warga juga sangat merasakan edukasi yang diberikan, sehingga tahu mulai pentingnya perlindungan lingkungan, pengurangan emisi gas rumah kaca, pengelolaan limbah, dan praktik berkelanjutan lainnya. Semua dilakukan demi kehidupan lingkungan yang nyaman, bersih dan sehat.

Bersama Menghijaukan Lingkungan KBA Pekayon

Karena warga sadar, kalau tidak bersama-sama pasti tidak bisa program tersebut terlaksana dengan baik. Tidak heran kalau KBA Pekayon juga sering menjadi tempat studi banding bagi dinas dan lingkungan lainnya.

KBA Pekayon merupakan salah satu contoh guyubnya suatu lingkungan yang sangat berdedikasi tinggi. KBA Pekayon RW 11 Bekasi membuktikan kalau kesadaran individu dan kerja sama sangat besar manfaatnya buat kehidupan yang lebih baik di masa depan.

Related Posts

Posting Komentar