Menghidupkan Raga Warga di KBA Cisande

Posting Komentar
Menghidupkan Raga Warga di KBA Cisande
Dinobatkan sebagai salah satu dari 50 desa wisata terbaik dalam lomba Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021, Desa Cisande yang terletak di Sukabumi Jawa Barat ini terus berinovasi menjadi tempat yang nyaman dan bermanfaat untuk masyarakatnya. Akhirnya muncullah KBA Cisande yang diawali dengan pembentukan Lokal Champion Kampung Berseri Astra di tahun 2022.

Siapa sangka, berawal dari langkah kecil itulah akhirnya geliat warga dan prestasi KBA Cisande makin lama makin cemerlang. Apalagi para warga semua mendukung kegiatan dan program yang diprakarsai bersama. Karena memang bila ingin membuat suatu perubahan, memang harus berusaha terus menjadi pembaharu.

Mungkin itulah yang menjadi tekad bersama warga di KBA Cisande. Dengan kekayaan alam bidang pertanian dan perikanan serta bidang lain yang begitu besar, KBA Cisande ingin agar daerahnya bukan hanya terkenal sebagai tempat wisata saja. Tapi juga sebagai tempat yang bisa mengeksplorasi positif potensi setiap warga dengan baik.

Mengedepankan Edukasi Kesehatan, Posyandu KBA Cisande Masuk 6 Besar Posyandu Terbaik Tingkat Provinsi

Menghidupkan Raga Warga di KBA Cisande
Salah satu yang menonjol dari KBA Cisande ini adalah program posyandu rutinnya. Bila biasanya kita menemukan posyandu yang khusus untuk anak, di KBA Cisande juga ada posyandu balita, posyandu remaja dan posbindu (Pos Binaan Terpadu). Sehingga sering disebut warga sebagai posyandu multifungsi, karena semua warga bisa datang ke posyandu.

Bukan hanya kegiatan posyandu saja, saat ada giat dari Kementerian Kesehatan untuk vaksin RV (Rotavirus) dan kegiatan kesehatan pemerintah lainnya juga terlaksana dengan baik.

Posyandu Mawar Kuning di KBA Cisande ini pun mendapat perhatian banyak pihak. Termasuk ketika masuk menjadi 6 besar posyandu terbaik tingkat provinsi. Tidak heran kalau berhak menyandang posyandu terbaik, karena ketika ada kegiatan posyandu semua warga tidak melewatkan kesempatan untuk mengikutinya.
Menghidupkan Raga Warga di KBA Cisande
Kalau kita lihat, Posyandu Mawar Kuning ini sebenarnya sangat sederhana dan hanya menggunakan balai satu-satunya yang ada di Desa Cisande ini yang bernama balai Sawala. Namun dengan dukungan besar warga, semua kegiatan di Desa Cisande berjalan dengan baik, meski balai tercinta milik KBA Cisande digunakan untuk banyak hal

Wakil Bupati Sukabumi, H.Iyos Somantri, juga turut bangga bahwa salah posyandu di wilayah Sukabumi yaitu Posyandu Mawar Kuning menjadi yang terbaik di Indonesia. Beliau juga berharap semoga prestasi ini terus dioptimalkan dan menjadi energi positif bagi masyarakat Desa Cisande Kecamatan Cicantayan ini.

Bahagia Panen Untuk Bahagia Warga

Menghidupkan Raga Warga di KBA Cisande
Kekayaan alam di Desa Cisande yang belum berjalan dengan maksimal, akhirnya pelan-pelan mulai dioptimalkan. Mulai dari segi pertanian, semua warga petani bahu membahu mulai dari mengolah tanah, penanaman benih hingga panen. Semua dikerjakan bersama-sama dalam giat warga sehari-harinya. Jadi tidak heran kalau ketika panen, semua bisa mendapatkan keuntungan yang sama.

Bukan hanya dalam bidang pertanian saja, peternakan dan perikanan juga dioptimalkan. Warga juga diberikan edukasi cara beternak yang benar, sehingga pengelolaannya lebih maksimal.

Dengan energi yang selaras di antara warga, KBA Cisande pun bisa membuka lapangan pekerjaan baru. Berkat kebersamaan ini, perekonomian warga KBA Cisande semakin meningkat dalam satu tahun saja.

Suatu Kebanggaan Besar Menjadi Bagian dari Kampung Berseri Astra

Menghidupkan Raga Warga di KBA Cisande
Menjadi salah satu dari 37 Kampung Berseri Astra pada tahun 2022, KBA Cisande terus berusaha untuk memajukan warga bersama. PT. ASTRA International Tbk juga sangat membantu dalam banyak hal, termasuk berperan aktif dalam kegiatan warga. Ada pembagian sembako, penyuluhan pendampingan dalam pelatihan potensi warga, pendidikan anak hingga kegiatan kesehatan, Astra tidak segan untuk bersinergi bersama.

Masih banyak yang ingin diwujudkan oleh warga KBA Cisande. Terutama pengembangan perekonomian melalui usaha warga, pembuatan taman baca dan banyak hal lain. Warga KBA Cisande tahu, kalau ‘guyub’ bersama itu lebih baik untuk membangun daerah tempat tinggalnya ini.
KBA Cisande
Dengan menapak langkah bersama Astra, KBA Cisande percaya kalau cita-cita mereka akan bisa tercapai di masa depan.

Related Posts

Posting Komentar