Tips Kehamilan Sehat, Jangan Salah Pilih Dokter Kandungan yang Bagus

Tips Kehamilan Sehat, Jangan Salah Pilih Dokter Kandungan yang Bagus

Memilih dokter kandungan yang benar-benar tepat dan sesuai merupakan hal yang perlu untuk kita lakukan demi kehamilan yang sehat. Soalnya ya memang terasa kalau dokternya kurang cocok ya gimana. Bukannya malah lancar hamil hingga lahiran, malah jadi kepikiran yang macem-macem. Ya nggak? Ingat kehamilan yang sehat itu bisa mencegah stunting loh!

Baca Juga : Profesi Ibu

Soalnya dokter kandungan yang akan kita pakai bukan saja untuk menjalani kehamilan dan persalinan saja, tapi juga sampai pemeriksaan terhadap kondisi terkait organ reproduksi wanita juga kan?

Dokter kandungan merupakan dokter yang disini secara khusus mempunyai keterampilan serta pengetahuan di dalam hal-hal terkait sistem reproduksi manusia. Dalam istilah kedokteran ginekologi, dokter kandungan memiliki gelar Sp.OG yang merupakan akronim dari spesialis obstetri dan ginekologi.

Tapi pasti suka bingung mau cari dokter kandungan yang bagus dimana? Apalagi kalau kita ingin kelahiran normal? Anak pertama apalagi pusing pasti!

Cara Memilih Dokter Kandungan yang Bagus

Memilih dokter kandungan yang bagus

1. Perbanyak Referensi

Kalau saya sering tanya-tanya teman untuk mencari seorang dokter kandungan yang benar-benar terpercaya dan kompeten. Selain itu juga bisa lihat review di forum-forum kehamilan dan artikel-artikel dokter kandungan. Jangan lupa untuk mencari di mana dokter itu praktik yang dekat dengan tempat tinggal biar lebih enak.

2. Sesuaikan dengan Riwayat Kesehatan

Jangan lupa untuk menceritakan riwayat kehamilan kita kepada dokter. Ini untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan selama hamil dan persalinan. Jadi cerita aja kalau punya tekanan darah tinggi, gangguan jantung, gangguan autoimun, diabetes, kanker, maupun penyakit lain yang membutuhkan penanganan khusus. Biar nanti kita juga bisa cari dokter yang bisa menanganinya. Kalau untuk kondisi program hamil, paling tidak dokter kandungannya yang berpengalaman untuk program tersebut ya!

3. Lakukan Konsultasi


Ketika kita melakukan konsultasi dengan seorang dokter, maka di sini ada perlu mencermati sudut pandang serta keputusan yang telah ditetapkan oleh dokter tersebut. Seperti contohnya hal yang berkaitan dengan tindakan episiotomi saat dilakukan proses persalinan, inisiasi menyusui dini serta metode persalinan yang dianjurkan yaitu dengan cara melahirkan normal maupun operasi caesar.

Jika terdapat beberapa rekomendasi yang di sini memang dirasa kurang sesuai dengan preferensi kita, ya kita bisa menanyakan hal tersebut kembali pada dokter terkait resiko serta manfaat dari keputusan yang dibuat.

Jangan takut buat konsul pokoknya!

4. Sesuaikan dengan Kenyamanan dan Hati Kita


Jangan lupakan kenyamanan karena hal tersebut merupakan aspek penting yang tidak boleh dilewatkan. Sekalipun dirasa cocok dengan keluarga maupun teman, dokter kandungan yang dipilih memang belum tentu cocok dengan saya pribadi.

Saat konsultasi coba dirasakan sendiri ya apakah dokter ini cocok dengan kita atau tidak. Misalnya kurang cocok ya jangan teruskan. Masak kita harus mempercayakan kehamilan dan kelahiran anak kita sama yang kurang sreg di hati? Ingat tips hamil sehat itu tidak boleh banyak pikiran ya buibuuuk!

5. Pilih Dokter Plus Tempat Periksa Kehamilan dan Melahirkan yang Tepat


Dokter kandungan biasanya membuka praktek sendiri di rumah sakit, di klinik ataupun di tempat praktek pribadi. Namun memang sebagian besar dokter kandungan banyak yang saat ini menjalankan praktek di rumah sakit maupun klinik bersalin. Jadi ketika kita hendak memilih dokter kandungan, maka harus memilih tempat yang tepat supaya nantinya bisa menjalankan proses pemeriksaan, termasuk disini tes penunjang serta pemeriksaan fisik lainnya.

Maka dari itu saya senangnya memang mencari dokter yang pro kelahiran normal dan tentunya tempatnya harus nyaman plus sesuai budget hamil dan lahiran.

Pilih Klinik Kehamilan Sehat Biar Hamil dan Lahiran Lancar

Klinik Kehamilan Sehat

Jujur saya deg-degan sebenarnya kalau pilih dokter itu, karena banyak selentingan kalau misalnya pilih dokter kandungan saat lahiran rata-rata kudu sesar. Eaaaa. Tapi sepengalaman saya nggak juga kok. Karena pernah ngerasain lahiran normal dan sesar buat semua anak-anak saya. Makanya saya selalu memilih tempat yang nyaman dengan dokter yang tentunya bikin nyaman juga. Betul tidak?

Salah satunya yang bisa dipilih adalah klinik kehamilan sehat yang didirikan oleh Pak Agus Jatmika Soegiarto dengan badan hukum PT. Kehamilan Sehat Sejahtera. Dengan tagline “Klinik Berkualitas Rumah Sakit untuk Lakukan Persalinan Normal”, bikin saya percaya dan semangat buat lahiran kan!

Klinik Kehamilan Sehat ini sudah ada sejak tahun 2016 dan sudah ada 200.000 lebih pasien untuk program persalinan, program kehamilan, pemeriksaan kehamilan USG 2D dan 4D, proses pemasangan IUD dan pelayanan lainnya. Selain itu klinik ini dilengkapi dengan layanan poli anak, farmasi dan cek laboratorium, jadi sekalian kan tanpa perlu ganti tempat. Betul tidak?

Untuk harga jelas di bawah rumah sakit, tapi pelayanan jangan salah tidak kalah sama RS loh. Yang penting kan nyaman tempatnya, nyaman dokternya, nyaman bayarnya, jadi nyaman hamilnya. Prosedur di klinik kehamilan juga sama dengan RS dan yang paling saya sukai klinik ini mendukung persalinan normal loh dengan pemulihan lebih cepat berkat kehamilan sehat yang terpantau di sini.

Klinik Kehamilan Sehat punya 15 cabang yang tersebar di beberapa kota besar di Jakarta Timur, Palembang, Bandung, Surabaya, Bekasi, dan Tangerang. Cek saja lengkapnya di Instagram Kehamilan Sehat atau website resminya Kehamilan Sehat ya! Diklik saja!

Semoga tidak bingung lagi memilih dokter kandungan yaa!

Komentar