Tabel oh Tabel Perkalian yang Menyesatkan

1 komentar
Tabel Perkalian yang Menyesatkan

Siapa yang anaknya suka pakai tabel perkalian? Haduhhhh, itu mending jauh-jauh deh jangan dipakai. Bisa berabe! 

Jadi mau cerita, sebenarnya saat kelas 1 dan 2 SD kan sudah mulai perkalian tuh ya. Terus pass di sekolah, ternyata gurunya mengenalkan yang namanya tabel perkalian. Ulangan boleh liat tabel, ujian disediakan tabel di depan kelas dan pokoknya ada tabel yang anak bisa liat kalau butuh berapa kali berapa tanpa harus mikir. Itu kejadian di kelas 2.

Nah, sekarang Raffi sudah kelas 3. Yang gurunya tidak memperbolehkan adanya tabel, jadi anak-anak kudu hapal beneran!Jeleger. Salah saya juga sih ya sebenarnya. Harusnya saat itu di kelas 2 saya genjot buat apalan perkalian tanpa lihat tabel. Walau dimanja tabel di sekolah, harusnya saya menguatkan sendiri anak pelan-pelan kudu hapal yang namanya perkalian tanpa melihat tabel. Jadinya Raffi itu sedikit kesusahan untuk menghapal perkalian. 

Masalah? BANGET! Masalahh banget pokoknya! Ribet. Ya karena memang harusnya anak sudah mulai belajar menghapal saat kelas 2, jadi dia ga susah saat kelas 3 seperti anakku sekarang. Jadi kalau ujian dia nulis semua perkalian mau tidak mau, karena yang dibayangin adalah perkalian di tabel. 

Ya ditulis manual 2 x 1 2 x 2 dst sampai selesai. Karena Raffi ga hafal luar kepala. Huhuhu ini sedih banget. Sumpah saya jadi nyesel banget ga more more ngajarin dia dengan benar huhuh. Maapkan ibumu ini ya Nak.

Tapi saya memang tidak terlalu menyalahkan dia seh. Karena dia kan kelas dua di zona nyaman gitu untuk terus boleh liat tabel perkalian. Rada gemes juga seh kenapa guru bolehin baca tabel perkalian padahal anak kudunya bisa hapal. Huffffft.

Anak Jangan Baca Saja, Tapi Kudu Hapal Perkalian

Masih samar-sama di ingatan otak saya kalau sebelum pulang sekolah harus ngapalin perkalian. Kalau tidak hapal ga boleh pulang. Kalau dipikir-pikir sih ya memang jaman dulu gurunya sadis-sadis dibandingkan sekarang. Dan biasanya jadi normalisasi kalau guru rada kejam. Kalau sekarang mana bisaaaaaa, yang ada gurunya bisa didemo banyak ibu-ibu hahaha.

Tapi satu yang saya ambil dari jaman dulu, harusnya saya bener-bener minta anak hapalin perkalian dengan benar saat di kelas 2. Jadi sekarang bisa jadi lebih gampang saat di kelas 3 :"). Namun, tetap ya yang namanya usaha tidak akan ada kata terlambat. 

Jadi sekarang mumpung masih ada waktu, Raffi saya minta hapalin perkallian satu-satu. Kalau 1, 2, 3 sudah lumayan tinggal yang 4 ke atas. Ga ada kata telat kan untuk belajar. Sekarang mumpung awal kelas 3 jadi masih ada waktu untuk belajar dan terus belajar.

Saran saya apalagi di kurikulum merdeka, jangan sampai anak itu tidak hapal perkalian. Tentunya dikuatkan di angka penjumlahan dan pengurangan, soale tonggak untuk perkalian, pembagian, pecahan dll ya dimulai dari sini. Kalau tambah kurang sudah lemah, ke depannya pasti susah. Jadi mumpung kalau masih kelas 1 dikuatin dulu tambah dan kurang yaaaa. Biar anak juga mudah ke depannya. Modal pokoknya!

Semangat ya buibu belajar bareng sama anak. Apalagi untuk perkalian pembagian. Tapi memang mumpung masih kelas kecil bisa diajarin, kalau udah kelas besar kan dah mulai susah pelajarannya. Kalau ga dikuatin modal berhitungnya ya berat banget mesti. Semangat anak-anak! Karena kita tidak tahu bagaimana jadinya kurikulum nanti perubahannya :"). 

Jujur, pelajaran anak-anak sd sekarang syulidddddddddddddddd.





Related Posts

1 komentar

  1. Idem anak2 udah mulai hafalin perkalian. Tp sebelumnya takkuatin dulu yang 3x2 misalnya itu asalnya dr mana biar pihim asalnya. Aku gk pake tabel utk halaman, takbeliin flashcard perkalian di tokped sih buat main tebak2an jg pas gabut wkwk.

    BalasHapus

Posting Komentar